Kamis, 27 September 2012

Refleksi


Tanggal 25 September 2012
Yang terjadi dalam kelas pada saat itu adalah proses belajar mengajar , mata kuliah umum psikologi . Hari itu ibu akan memberikan materi mengenai “Lingkup Pelajaran” rangkuman dari tugas sasaran dan harapan kemarin. Tapi sebelum itu kita membahas dulu mengenai “Maturity, Proses Pendewasaan” yaitu 15 perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa.
Saat itu juga ibu menceritakan berbagai pengalaman dan kekuasaan Allah,  berbicara mangenai kesyukaran adanya dokter dan perawat pada saat beliau sakit,beliau juga bercerita tentang banyaknya mahasiswa yang datang kepada beliau sebagai pembimbing konseling   yang bercrita mngenai khidupan para mahasiswa yang telah berbuat kesalahan yang besar  yang menyembunyikan masalah tersebut dari orang tuanya,  membahas mengenai tugas yang kemarin yang masih ada menggunakan sistem copy paste. Ibu juga menyampaikan bahwa setiap sesuatu yang dilakukan harus diimbangi dengan tanggung jawab yang besar. Dimana setiap tindakan yang dilakukan mempunyai resiko dan konsekensi.
           
Yang terjadi pada diri saya pada saat itu  saya mencoba berdialog dengan diri saya bahwa telah banyak kesalahan yang pernah saya perbuat selama ini, dimana tugas saya sering kerjakan dengan menggunakan sistem copy paste yang hanya saya sering cantumkan nama pemiliknya pada daftar pustaka dan referensi saja

Hikmah yang saya petik pada saat itu mengenai mahasiswa yang bercerita tentang kehidupan mereka dan berbagai kesalahan yang mereka sembunyikan kepada orang tuanya, bahwa mereka memang bisa menyembunyikan kesalahannya pada orang lain bahkan orang tuanya, tapi Allah Maha Melihat, segala sesuatu yang kita lakukan tidak dapat disembunyikan dari penglihatan-Nya . dan tentang kebiasaan yang copy paste, tindakan kita sebenarnya sangat salah, setiap apa yang kita lakukan dan apa yang kita ucapkan dari mulut kita harus diimbangi dengan tanggung jawab yang sangat besar

Dan kedepannya saya akan berusaha  menjadi seseorang yang lebih baik, menjadi seseorang yang bisa lebih bertanggung jawab dengan apa yang saya keluarkan dari mulut saya, berguna bagi seseorang  dan kalau bisa setiap nafas yang saya hembuskan bisa berguna baik diri pribadi maupun bagi orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar