Sabtu, 29 September 2012

Ini kisahku, Rainbow inspirasiku


Sabtu, 29 September 2012

Sebuah buku dari Andy stevanio yang sangat menginspirasiku
Rainbow “ The Spirit Of Life”
Begitu banyak kata – kata yang terdapat didalam buku ini yang sangat memberikan inspirasi buatku. Salah satunya “  BARANG ANTIK JENDRAL ”
“ Ketakutan sering kali membuat manusia kehilangan akal sehat dan tidak ber-Tuhan”
“ Ketakutan sering kali membuat manusia menjadi lemah. Untuk itu, manusia harus berani menyingkirkan ketakutan-ketakutan yang ada dalam dirinya “
Sebuah kisah
Seorang jendral sedang bermain-main dengan barang antik berharga yang dihadiakan kepadanya, dan ia hampir menjatuhkan ketanah, “Hampir saja!”. Jendral itu diam beberapa saat dan berfikir, “Aku telah memerintahkan puluhan ribu pasukan dan menghadapi risiko hidup mati dalam pertempuran, dan tidak pernah merasa takut. Mengapa saat saya hampir menjatuhkan benda ini menjadi begitu gelisah dan takut?” dia akhirnya menyadari bahwa hadiah tersebut yang membawa rasa takut kehilangan, Sehingga menyebabkan dia gelisah. Oleh karena itu ia mengangkat benda itu dan melemparkannya sekuat tenaga hingga pecah.
Kita sebagai manusia sering diperdaya oleh rasa ketakutan yang berlebihan. Takut kehilangan sesuatu yang kita miliki yang pada akhirnya membuat hidup menjadi tidak tenang. Manusia seharusnya lebih mengutamakan mata hati dalam melihat dibandingkan dengan mata yang ada diwajah kita untuk melihat segala sesuatunya. Namun pada kenyataannya manusia masih lebih suka melihat apa yang terlihat jelas fisiknya. Padahal manusia pun tahu bahwa segala sesesuatu yang terlihat jelas ada batas usianya dan bersifat sementara.
Sahabatku, apa yang kita miliki tidaklah lebih dari kepemilikan yang bersifat hak pakai yang ada batas waktu tertentu. Dan keberadaan manusia di dunia ini pun hanyalah sebagai tamu. Jika tiba saatnya semua akan dikembalikan dan ditinggalkan. Oleh karena iu, apapun yang kita miliki sikapilah sewajarnya dan tidak berlebihan. Kita memiliki kekayaan yang melimpah, kita hanya bisa memakainya dalam rentang waktu  tertentu , entah kekayaan itu yang akan hilang dalam kehidupan kita ataupun justru kitalah yang akan meninggalkan itu semua.
Kata demi kata itulah yang sangat menginspirasiku, disaat kamarku dibobol maling 2 minggu yang lalu yang merampas, hmmm “merampas” laptop, uang, serta hp dalam waktu sekejap membuatku tetap bersyukur kepada Allah dengan hidupku  sekarang, karena pada saat itu aku tidak berada di tempat kejadian. Mungkin saja jika aku berada di tempat kejadian, aku mungkin tidak sesehat sekarang karena truma dengan kejadian itu, aku yakin ada sesuatu yang lebih baik yang direncanakan oleh Allah untuk diriku.
Agar kita terhindar dari ketakutan kehilangan yamg berlebihan terhadap segala yang berwujud yang bersifat duniawi, maka kita pun harus meninggalkan kemelekatan dan kepemilikan yang berlebihan. Penuhi jiwa kita denga rasa syukur dan ikhlas. Apapun yang kita punyai, manfaatkan dan nikmati dengan bijak. Apapun yang menimpa kita trima dengan ikhlas. Syukur dan ikhlas akan menjauhkan kita dari takut kehilangan terhadap hal-hal yang bersifat dunia bahkan dengan syukur dan ikhlas akan membuat kita menjadi berani dalam menghadapi apapun, sekalipun dengan kematian.
Sesungguhnya ketakutan yang harus dimiliki oleh manusia adalah ketakutan akan kehilangan kesempatan untuk melakukan kebaikan, ketakutan akan ketidakmampuan untuk melangkah fijalan kebenaran dan ketakutan kehilangan hati nuraniyang berwelas asih




Tidak ada komentar:

Posting Komentar